Latihan Soal USP atau PSAJ SMA SMK Tahun 2024-2025

Latihan Soal USP PSAJ SMA SMK Tahun 2024-2025


Latihan Soal USP PSAJ SMA SMK Tahun 2024-2025. Ujian sekolah telah berganti Nama dengan Istilah Asesmen Sumatif dengan berbagi variasi nama tergantung daerah masing-masing, ada yang menyebut dengan istilah ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP dan lainnya. Apa itu asesmen? Asesmen merupakan bagian terpenting dari proses pembelajaran. Karena dari proses pembelajaran tersebut guru perlu mengetahui seberapa jauh proses pembelajaran tersebut telah mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Menurut Nana Sudjana (1995: 3) bahwa asesmen mempunyai ciri-ciri adanya objek atau program yang dinilai dan adanya kriteria sebagai dasar untuk membandingkan antara kenyataan atau apa adanya dengan kriteria atau apa harusnya.

Perkembangan konsep asesmen pendidikan yang ada pada saat ini menunjuk arah yang lebih luas, konsep-konsep tersebut pada umumnya berkisar pada pandangan sebagai berikut : (1) Asesmen tidak hanya diarahkan kepada tujuan pendidikan yang ditetapkan, tetapi juga terhadap tujuan-tujuan yang ditimbulkan dan efek sampingnya. (2) Asesmen tidak hanya melalui pengukuran perilaku siswa, tetapi juga melakukan pengkajian terhadap komponen-komponen pendidikan, baik proses maupun keluaran. (3) Asesmen tidak hanya untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut penting bagi siswa dan bagaimana siswa mencapaianya. (Enny Sudaryanti, 2007).  

 Sebelum kamu mempelajari Latihan Soal USP PSAJ SMA SMK Tahun 2024, yu kita kenali lebih jauh pengertian tentang asesmen. Asesmen merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Jadi asesmen merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memperoleh informasi untuk dijadikan sebagai pengambil keputusan tentang hasil belajar peserta didik.

Nana Sudjana (1995: 3) menyatakan bahwa asesmen adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupakan tema asesmen yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu.

Asesmen di sini berfungsi untuk menentukan nilai terhadap objek berdasarkan kriteria tertentu. Objek yang dimaksud disini adalah peserta didik yang melakukan suatu proses pembelajaran. Proses pemberian nilai berlangsung dalam bentuk pemikiran terhadap objek tersebut kemudian dihasilkan kesimpulan yang berupa nilai.

Asesmen hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu, dalam hal ini obyek yang dinilai adalah hasil belajar siswa. Nana Sudjana (1995: 3) mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh sebab itu asesmen hasil belajar siswa berisi tentang rumusan kemampuan dan tingkah laku yang dimiliki siswa yang dijadikan sebagai acuan guru untuk menilai kemampuan siswanya.

Menurut Nana Sudjana (1995: 3), Asesmen proses belajar adalah upaya memberi nilai terhadap kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam mencapai tujuan-tujuan pengajaran. Jadi di sini yang dinilai adalah pada saat proses terjadinya pembelajaran yang dilakukan oleh guru da siswa. Di sini guru berperan sebagai pemberi nilai sedangkan siswa sebagai penerima hasil yang telah dilakukannya. Guru dan siswa saling berhubungan erat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam proses pembelajaran.

Saat ini dikenal Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Soal Asesmen Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (ASASP), Soal Penilaian Sumatif Antar Jenjang (PSAJ) Soal Penialaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) Soal Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Lalu apa sebenarnya fungsi asesmen tersebut ? Fungsi dari asesmen menurut Nana Sudjana, (1995: 4)adalah sebagai berikut :

(1) Alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan intruksional. Dengan demikian asesmen harus mengacu pada rumusan-rumusan tujuan intruksional.

(2) Umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar. Perbaikan mungkin dilakukan dalam hal tujuan intruksional, kegiatan belajar siswa, strategi mengajar guru dan lain-lain.

(3) Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tua. Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan belajar siswa dalam berbagai bidang studi dalam bentuk nilai-nilai prestasi yang dicapainya

Asesmen di sini berfungsi sebagai alat untuk mengetahui seberapa berhasilkah proses belajar mengajar yang terjadi. Selain itu juga sebagai perbaikan dalam melakukan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Dan juga sebagai laporan kemauan belajar siswa yang diberikan kepada orang tua agar orang tuanya mengetahui hasil belajar anaknya dalam bentuk raport yang biasanya diberikan pada akhir semester.

Fungsi asesmen yang lainnya di sini bukan hanya untuk menentukan kemajuan belajar siswa, tetapi sangat luas. Fungsi asesmen adalah sebagai berikut: (a) Asesmen membantu siswa merealisasikan dirinya untuk mengubah atau mengembangkan perilakunya. (b) Asesmen membantu siswa mendapat kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya. (c) Asesmen membantu guru untuk menetapkan apakah metode mengajar yang digunakannya telah memadai. (d) Asesmen membantu guru membuat pertimbangan administrasi. (Cronbach, 1954 dalam Hamalik, 2002: 204).

Fungsi asesmen sebagai alat untuk membantu siswa dalam mewujudkan dan mengubah perilakunya sesuai dengan tata tertib yang ada. Di sini juga siswa mendapat kepuasan atas apa yang dikerjakannya yang berupa nilai. Apabila mereka sungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu maka hasil yang didapatkan akan bagus sehingga mereka akan puas dengan hasil yang didapatkannya. Asesmen juga membantu guru dalam menetapkan metode yang digunakan telah tepat diterapkan.

Sedangkan tujuan dari asesmen menurut Nana Sudjana, (1995: 4) adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kecakapan belajar siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran yang ditempuhnya. 2) Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, yakni seberapa jauh keefektifannya dalam mengubah tingkah laku para siswa ke arah tujuan pendidikan yang diharapkan. 3) Menentukan tindak lanjut hasil asesmen, yakni melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam hal program pendidikan dan pengajaran serta strategi pelaksanaanya. 4) Memberikan pertanggungjawaban (accountability) dari pihak sekolah kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Pihak yang dimaksud meliputi pemerintah, masyarakat, dan para orang tua siswa.

Dari pendapat di atas, asesmen mempunyai tujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Selain itu juga dapat mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, di sini dapat terlihat berhasil tidaknya guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Apabila hasilnya kurang baik maka dapat dilakukan perbaikan dan penyempurnaan proses pendidikan sehingga dapat memberikan pertanggungjawaban terhadap pihak sekolah.

Bagaimana Teknik Asesmen ? Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik pengumpulan informasi tersebut pada prinsipnya adalah cara asesmen kemajuan belajar peserta didik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Teknik asesmen tersebut yaitu:

  1. Tes tertulis

Tes tertulis adalah suatu teknik asesmen yang menuntut jawaban secara tertulis, baik berupa pilihan atau isian. Tes yang jawabannya berupa pilihan meliputi pilihan ganda, benar-salah dan menjodohkan, sedangkan tes yang jawabannya berupa isian berbentuk isian singkat atau uraian. Tes tertulis lebih banyak digunakan oleh guru untuk melakukan asesmen.

  1. Observasi

Observasi atau pengamatan adalah teknik asesmen yang dilakukan dengan menggunakan indera secara langsung. Observasi dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang akan diamati. Misalnya tingkah laku siswa di dalam kelas pada waktu mengikuti pelajaran.

  1. Tes praktik

Tes praktik, juga biasa disebut tes kinerja, adalah teknik asesmen yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemahirannya. Tes praktik dapat berupa tes tulis keterampilan, tes identifikasi, tes simulasi, dan tes petik kerja. Tes tulis keterampilan digunakan untuk mengukur keterampilan peserta didik yang diekspresikan dalam kertas, misalnya peserta didik diminta untuk membuat desain atau sketsa gambar.

  1. Penugasan

Penugasan adalah suatu teknik asesmen yang menuntut peserta didik melakukan kegiatan tertentu di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Penugasan dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok. Penugasan ada yang berupa pekerjaan rumah atau berupa proyek. Pekerjaan rumah adalah tugas yang harus diselesaikan peserta didik di luar kegiatan kelas, misalnya menyelesaikan soal-soal dan melakukan latihan. Proyek adalah suatu tugas yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu dan umumnya menggunakan data lapangan.

  1. Tes lisan

Tes lisan dilaksanakan melalui komunikasi langsung tatap muka antara peserta didik dengan seorang atau beberapa penguji. Pertanyaan dan jawaban diberikan secara lisan dan spontan. Tes jenis ini memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman pensekoran. Tes lisan ini dapat mengetahui secara langsung sampai sejauh mana kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang telah diberikan.

  1. Asesmen portofolio

Asesmen portofolio adalah asesmen yang dilakukan dengan cara menilai portofolio peserta didik. Portofolio adalah kumpulan karya-karya peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Setiap akhir periode pembelajaran hasil karya atau tugas belajar dikumpulkan dan dinilai bersama-sama antara guru dan peserta didik, sehingga asesmen portofolio dapat memberikan gambaran secara jelas tentang perkembangan/kemajuan belajar peserta didik. (Mimin Haryati, 2008: 59).

  1. Jurnal

Jurnal merupakan catatan pendidik selama proses pembelajaran yang berisi informasi kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkait dengan kinerja ataupun sikap peserta didik yang dipaparkan secara deskriptif.

  1. Asesmen diri

Asesmen diri merupakan teknik asesmen dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya berkaitan dengan kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran. Menurut Mimin Haryati (2008: 67), menilai diri dapat memberikan manfaat/dampak positif terhadap perkembangan kepribadian seorang peserta didik diantaranya: 1)menumbuhkan rasa percaya diri, karena peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri, 2) peserta didik dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri, metode ini merupakan ajang instropeksi diri, 3) memberikan motivasi untuk membiasakan dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur dalam menyikapi suatu hal.

  1. Asesmen antarteman

Asesmen antarteman merupakan teknik asesmen dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan temannya dalam berbagai hal. Untuk itu perlu ada pedomanan asesmen antarteman yang memuat indikator prilaku yang dinilai.

Bagaiamana prinsip asesmen ? Mengingat pentingnya asesmen dalam menentukan kualitas pendidikan, maka upaya merencanakan dan melaksanakan asesmen hendaknya memperhatikan beberapa prinsip dan prosedur panilaian. Prinsip asesmen menurut Nana Sudjana (1995: 9) yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

(1) Dalam menilai hasil belajar hendaknya dirancang sedemikian rupa sehingga jelas abilitas (segi) yang harus dinilai, materi asesmen, alat asesmen, dan interpretasi hasil asesmen. Sebagai patokan atau rambu-rambu dalam merancang asesmen hasil belajar adalah kurikulum yang berlaku dan buku pelajaran yang digunakan.

(2) Asesmen hasil belajar hendaknya menjadi bagian integral dari proses belajar-mengajar. Artinya, asesmen senantiasa dilaksanakan pada setiap saat proses belajar-mengajar sehingga pelaksanaanya berkesinambungan. “Tiada proses belajar-mengajar tanpa asesmen” hendaknya dijadikan semboyan bagi setiap guru. Prinsip ini mengisyaratkan pentingnya asesmen formatif sehingga dapat bermanfaat baik bagi siswa maupun guru.

(3) Agar diperoleh hasil belajar yang objektif dalam pengertian menggambarkan prestasi dan kemampuan siswa sebagaimana adanya, asesmen harus menggunakan berbagai alat asesmen dan sifatnya komprehensif. Dengan sifat komprehensif dimaksudkan segi atau abilitas yang dinilainya tidak hanya aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotoris.

(4) Asesmen hasil belajar hendaknya diikuti dengan tindak lanjutnya. Dalam melakukan asesmen, guru harus berpatokan terhadap kurikulum yang berlaku dan buku pelajaran yang digunakan. Sehingga dalam merancang asesmen hasil belajar siswa lebih jelas. Asesmen dilakukan pada setiap saat proses pembelajaran sehingga pelaksanaanya berkesinambungan. Agar diperoleh hasil belajar yang objektif sesuai dengan kemampuan siswa maka menggunakan berbagai alat asesmen. Apabila hasil belajar siswa kurang baik maka guru bertanggungjawab penuh terhadap siswa sampai siswa tersebut meperoleh hasil yang baik.

Adapun prinsip atau kriteria asesmen yaitu:

(a) Validitas

Menilai apa yang seharusnya dinilai dan alat asesmen yang digunakan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan isinya mencakup semua kompetensi yang terwakili secara proporsional.

(b) Reliabilitas

Asesmen yang reliable memungkinkan perbandingan yang reliable dan menjamin konsistensi. Misal, guru menilai dengan proyek asesmen akan reliabel jika hasil yang diperoleh itu cenderung sama bila proyek itu dilakukan lagi dengan kondisi yang relatif sama, untuk menjamin asesmen yang reliable petunjuk pelaksanaan proyek dan penskorannya harus jelas

(c) Terfokus pada kompetensi

Asesmen harus terfokus pada pencapaian kompetensi (rangkaian kemampuan), bukan pada penguasaan materi (pengetahuan).

(d) Keseluruhan atau komprehensif

Asesmen harus menyeluruh dengan menggunakan beragam cara dan alat untuk menilai beragam kompetensi atau kemampuan peserta didik, sehingga tergambar profil kemampuan peserta didik. Sehingga di sini jelas terlihat kemampuan yang dimiliki peserta didik.

(e) Objektivitas

Asesmen harus dilaksanakan secara obyektif, untuk itu asesmen harus adil, terencana, berkesinambungan, menggunakan bahasa yang dapat dipahami peserta didik dan menerapkan kriteria yang jelas dalam pembuatan keputusan atau pemberian angka. Dalam memberikan asesmen guru tidak boleh pilih kasih.

(f) Mendidik

Asesmen dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran bagi guru dan meningkatkan kualitas belajar bagi peserta didik. Dalam menilai hasil belajar siswa, guru hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip dalam asesmen agar hasilnya sesuai baik.

 

Bagaimana Prosedur Asesmen ? Dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, guru harus dapat merumuskan tujuan-tujuan pengajaran agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga fungsi asesmen dapat terwujud dan dapat memberikan gambaran terhadap penyusunan alat asesmen. Setelah itu guru harus mengkaji kembali materi pengajaran, apakah sudah sesuai dengan kurikulum dan silabus ataukah belum untuk perbaikan dalam proses pembelajaran dan penilain. Guru harus dapat menyusun alat asesmen yang cocok diterapkan di kelas yang sesuai dengan karakter anak didik sehingga hasil dari penilian tersebut sesuai dengan tujuan asesmen tersebut.

 

Adapun prosedur yang dimaksud meliputi: penentuan tujuan asesmen, penyusunan kisi-kisi, perumusan indikator pencapaian, penyusunan instrument, telaah instrument, pelaksanaan asesmen, pengolahan dan penafsiran hasil asesmen, serta pemanfaatan dan pelaporan hasil asesmen. Adapun secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Penentuan tujuan

Penentuan tujuan asesmen merupakan langkah awal dalam rangkaian kegiatan asesmen secara keseluruhan, seperti untuk asesmen harian, tengah semester, akhir semester. Sehingga di sini jelas apa yang akan dinilai.

  1. Penyusunan kisi-kisi

Kisi-kisi asesmen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Di dalam silabus, pendidik menunjukkan keterkaitan antara SK, KD, materi pokok/materi pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar dengan indikator pencapaian KD yang bersangkutan beserta teknik asesmen dan bentuk instrument yang digunakan.

  1. Perumusan indikator pencapaian

Indikator pencapaian dikembangkan oleh pendidik berdasarkan KD mata pelajaran tersebut.

  1. Penyusunan instrument

Instrument yang digunakan dalam asesmen meliputi tes dan non tes. Langkah-langkah penyusunan instrument disesuaikan dengan karakteristik teknik dan bentuk butir instrumennya.

  1. Telaah instrument

Telaah instrument dapat dianalisis secara kualitatif ataupun kuantitatif. Telaah instrument secara kualitatif dengan menelaah atau mereviu instrument asesmen yang telah dibuat. Telaah mencakup substansi isi, konsep, dan bahasa yang digunakan. Berdasarkan hasil telaah tersebut dilakukan revisi terhadap butir soal yang kurang baik.

  1. Pelaksanaan asesmen

Asesmen untuk mata pelajaran iptek dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, penugasan, dan pengamatan dengan menggunakan instrument yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Asesmen melalui ulangan dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan/ tes praktik tergantung pada karakteristik mata pelajaran.

  1. Pengolahan dan penafsiran hasil asesmen

Pengolahan hasil asesmen dilakukan oleh pendidik untuk memberikan makna terhadap data yang diperoleh melalui penskoran. Sedangkan untuk penafsiran hasil asesmen, guru membuat deskripsi hasil asesmennya.

  1. Pemanfaatan dan pelaporan hasil asesmen

Hasil asesmen bermanfaat sebagai umpan balik bagi guru dalam upaya mengetahui tingkat keterlaksanaan dan ketercapaian program pembelajaran yang telah dilakukan, serta untuk perbaikan proses pembelajaran selanjutnya. Pelaporan hasil asesmen oleh pendidik dan satuan pendidikan disampaikan dalam bentuk angka pencapaian kompetensi (nilai), disertai dengan deskripsi dan/ profil kemajuan belajar.

Bagi Kamu yang membutuhian Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Soal Asesmen Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (ASASP), Soal Penilaian Sumatif Antar Jenjang (PSAJ) Soal Penialaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) dan Soal Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP) untk Siswa SMP MTS Kelas 9 Tahun 2024 mengunakan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013, silahkan diakses link yang tersedia di bawah ini

  1. KumpulanLatihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pembahasan (PDF)


Berikut ini Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan Pembahasan (PDF)

  • LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI) 
  • LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (BACA DISINI)
  • LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI
  • LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (BACA DISINI)
  • LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI
  • LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa ( DISINI)
  • Download LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran PPKN Program IPA Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Podi Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download LatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Prodi Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika SMA Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ USP ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Peminatan Prodi Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Biologi SMA Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Fisika SMA Program IPA Tahun 2018 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Kimia Program IPA Tahun 2018 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Ekonomi Lintas Minat Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Geografi Lintas Minat Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal Latihan USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Satra Indonesia Lintas Minat Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)

Berikut ini Latihan Soal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum 2006 (KTSP) dan Pembahasan (PDF)

  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa ( DISINI)
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SMA Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa Tahun 2023/2024 Versi 2 (BACA DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program IPA Kurikulum Merdeka – KTSP (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPA Kurikulum Merdeka – KTSP (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Program IPA Kurikulum Merdeka – KTSP (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Biologi Program IPA Kurikulum Merdeka – KTSP (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Fisika Program IPA Kurikulum Merdeka – KTSP (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Kimia Program IPA  Kurikulum Merdeka – KTSP (DISINI)

  1. B. KumpulanLatihanSoal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan KKurikulum Merdeka Pembahasan (PDF)

Kumpulan Naskah Soal Asli US USP SMA Program IPS Kurikulum 2013 (KTSP) format pdf

  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA 2024 mata pelajaran Matematika Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • LatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA 2024 mata pelajaran Matematika Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • Download Latihan Soal USBN PPKn SMA Program IPS Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Program IPS Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Ekonomi Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Geografi Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Sosiologi Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Fisika Lintas Minat Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Kimia Lintas Minat Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)

Kumpulan Naskah Soal Asli USP PSAJ SMA Program IPS Kurikulum Merdeka (KTSP) format pdf

  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 Versi 2 (BACA DISINI)
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 Versi 2 (BACA DISINI)
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SMA Tahun 2010/2023 Versi 2 (BACA DISINI)
  • Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Program IPS Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Sosiologi Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Sejarah Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Ekonomi Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 Geografi  Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 PPKN Prodi IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Download Soal LatihanASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 PAI Prodi IPS Kurikulum Merdeka  (DISINI)
  1. C. KumpulanLatihanSoal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Progam Bahasa Tahun 2024 (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013) dan Pembahasan (PDF)

Berikut Ini Soal Latihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 untuk Jurusan Atau Program Studi Bahasa 

  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran  Bahasa Indonesia Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
  • Latihan SoalASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran MATEMATIKA Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran ANTROPOLOGI Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA ARAB Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA JEPANG Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA JERMAN Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA MANDARIN Prodi Bahasa (Disini)
  • Soal dan kunci jawabanLatihan ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA PRANCIS Prodi Bahasa (Disini)

Demikian informasi tentang Latihan Soal USP PSAJ SMA SMK Tahun 2024 Kelas 12 mengunakan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Seoga ada manfaatnya

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh duncan1890. Diberdayakan oleh Blogger.